Memiliki formasi yang sangat berstrategi dan susah ditembus di winning eleven PS2 pasti yang di inginkan para gamer's dalam bermain WE / winning eleven, tentu saja formasi terkuat dan mantap dalam bertahan dan menyerang. Karena formasi juga merupakan salah satu faktor penunjang kemenangan selain skil pemain dan kemampuan dribble, kamu harus memiliki formasi andalan untuk bermain we. Setelah saya perhatikan baik-baik yang sudah pro bermain we 10 mereka memakai formasi 4-3-3 sebagai formasi andalan mereka. Mungkin teman-teman juga salah satu pengguna formasi 4-4-3 atau bahkan selalu kalah melawan master we10 yang memakai formasi 4-3-3.

Dalam kesempatan ini saya akan membedah formasi 4-3-3, kenapa formasi ini sangat banyak di gunakan dalam bermain we10. Bahkan pertandingan sekelas turnamen we10 tingkat internasional hampir semua pesertanya memakai formasi 4-3-3 unik bukan.

Kelebihan formasi 4-3-3

1. Kuat bertahan dan menyerang
Dengan mengandalkan empat pemain belakang pertahana akan sulit di tembus, terlebih jika memakai 2DMC atau gelandang bertahan yang akan membantu pertahanan sehingga secara tidak langsung memiliki 6 pemain bertipe bertahan.

2. Menagandalkan kedua striker yang perposisi di sayap kiri atau kanan
Menyerang dari sisi sayap cenderung lebih mudah dibandingkan dari tengah pertahanan lawan, karena pemain akan banyak bertumpuk di tengah lapangan, sehinga bermain lewat sayap akan lebih efektif kare cendurung melewati pemain yang lebih sedikit, terlebih pemain kita mempunyai Body balance dan speed yang bagus.

3. Mengandalkan duel-duel udara (Heading)
Jika kita sudah melewati bek sayap musuh kita bisa crossing ketengah karena ada striker yang siap menyundul/mengambil umpan lambung baik dari kiri ataupun kanan. Tinggal kita sesuaikan dengan posisi dari CF kita, bisa memakai O 2x atau kombinasi O+L1. Untuk cara melakukan crossong yang akurat silahkan pelajari VARIASI CROSSING DI WINNING ELEVEN PS2.

4. Mengandalkan bola rebound
Kita bisa memaksimalkan gelandang serang kita ketika bola yang di umpan dari sayap tidak berhasil di sundul oleh straiker kita, biasanya bek lawan akan menyundul bola ke tengah, pada kesempatan itu kita bisa memanfaatkannya dengan tendangan langsung oleh OMF kita. Tinggal kita atur posisi yang pas agar setiap bola rebound tepat jatuh di kaki OMF, dan tentu saja OMF tadi harus memiliki tehnik dan akurasi tendangan yang bagus agar bola tidak melebar keatas.

Salah satu contoh formasi 4-3-3 yang sering digunakan :

Formasi Andalan di Winning Eleven

Demikianlah beberapa kelebihan formasi andalan winning eleven dari formasi 4-3-3, tetapi ingat formasi adalah salah satu faktor penunjang saja, jika tidak di imbangi dengan skill, drible atau cara kita bermain maka sama saja dengan nol, jika drible kita sudah bagus dan sulit di rebut bola dari pemain, bukan tidak mungkin kombinasi antara dribble dan formasi 4-3-3 akan menjadi senjata yang ampuh untuk memenangkan setiap pertandingan di winning eleven.